Rabu, 16 Desember 2009

12012
















12012 (dibaca : 'ichi ni zero ichi ni') adalah sebuah band visual kei yang berasal dari Kansai salah satu bagian di wilayah Jepang. Band ini memakai nama yang diambil dari Undang-undang di negara bagian California, yang isinya mengenai pelarangan kepemilikan senjata api. Band yang terdiri dari lima orang member itu, seringkali mengemas lagu-lagunya menjadi sebuah cerita, dimana bagian liriknya selalu dikerjakan oleh sang vokalisnya yaitu Miyawaki Wataru. Gaya bermusik band ini cenderung lebih ngerock, gelap dengan aliran yang agresif.
biography
12012 secara resmi terbentuk pada tanggal 1 Mei 2003, yang pada saat itu juga langsung bergabung dengan Undercode Productions, tempat dimana band-band lain bernaung seperti Vidoll dan Phantasmagoria. Akhir Mei, mereka bersama-sama mengadakan konser pertama di sebuah klub di Osaka pada tanggal 31 Mei. Musim panas, band ini merilis maxi single pertama yang berjudul depression sign yang terbatas 1000 copi, dan hingga kini maxi tersebut masih dicari-cari oleh para fansnya.

Band ini ikut berpartisipasi di berbagai acara dan menyumbangkan lagunya di beberapa omnibus, ini menyebabkan kepopuleran 12012 makin meningkat dari tahun 2003 hingga 2004. Pada bulan Oktober 2004, mereka mengadakan acara 6 hari yang bertajuk Guilty of Six Days, dimana tiap-tiap acara diorganisir oleh salah seorang member 12012, sedangkan acara finalnya diorganisir oleh seluruh member. Band-band yang tampil di acara tersebut antara lain Duel Jewel dan Panic Channel, dan menampilkan pula beberapa band lainnya. Masih di bulan yang sama, mereka memulai jadwal rilis dengan mengeluarkan serangkaian rilisan; mini album Bell Salem yang dirilis di bulan Oktober diikuti oleh Knight Mare di bulan Nopember, dan terakhir shin~deep di bulan Desember. Pada akhir tahun 2004 mereka tampil di hari yang sama namun di dua kota atau tempat yang berbeda, yaitu Tokyo dan Osaka.

Bulan Februari 2005, band ini menggelar one-man pertamanya di ESAKA MUSE dan selanjutnya live tersebut diluncurkan dalam bentuk DVD. Di bulan Mei, mereka merayakan peringatan hari jadinya yang kedua sebagai sebuah band sebelum merilis ulang beberapa rilisan lamanya, termasuk depression sign. Pada bulan Juli, DVD yang berisi pv dirilis sebelum band ini mengadakan tur kecil di bulan September.
Rupanya 12012 makin sibuk memasuki tahun 2006; mereka ikut berpartisipasi di berbagai acara, perilisan tiga buah photobook dan merilis dua buah album sebelum pertengahan tahun.
Album pertama mereka yang berjudul PLAY DOLLS, dirilis menjadi dua versi, salah satunya adalah berisi sebuah DVD dan yang lainnya berbonus CD. Mereka juga merilis sebuah ‘best of’ album yang diberi judul not obtain+1.
Di bulan Mei, mereka menggelar sebuah tur oneman untuk merayakan tiga tahunnya band ini sekaligus merilis sebuah single barunya Heart. Kemudian mereka mengeluarkan sebuah DVD yang berisi footage tur yang dirilis pada bulan Agustus.

Meskipun telah melakukan banyak tur dan perilisan, tidak ada kata istirahat untuk mereka karena Miyawaki Wataru dan Sakai Hiroaki hadir mengunjungi fans internasionalnya di acara Anime Expo tahun 2006 di California Selatan, dimana acara tersebut berisi pembagian tanda tangan dan bersalaman. Bukan itu saja, pada musim gugur seluruh member band tersebut bertolak ke Jerman dan Perancis untuk mengunjungi para penggemarnya di sana sebelum mereka kembali berkunjung ke Amerika untuk tampil di acara Onicon yang diselenggarakan di Texas. Selain semua itu, mereka juga merilis tiga single berturut-turut; PISTOL di bulan September, wana di bulan Oktober, dan terakhir Over... di bulan Nopember. Kemudian mereka mengadakan tur lain di Jepang, yang dimulai pada pertengahan Nopember hingga Desember.


12012 - Over... - 12012

Angin perubahan terjadi pada band ini ketika memasuki tahun 2007, setelah graduation dari indies label Undercode Productions, mereka menandatangani kontrak dengan sebuah label baru yang bernama Back Coat di bulan Februari. Meskipun mereka berubah label, namun karya-karya dari 12012 tidak terlihat mengalami perubahan secara tajam; tambahan lainnya mereka merilis sebuah single baru, menggelar tur musim panas, dan melakukan perjalanan keduanya ke Amerika dengan menggelar pertunjukkan di sana, tidak dipungkiri lagi band ini telah banyak mengalami peningkatan pada tahun belakangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar