Rabu, 16 Desember 2009

sadie


   




Sadie
is back! Setelah melempar maxi-single Grieving the dead soul di bulan Juli 2008 kemarin, tepat di tanggal 17 Desember 2008 Sadie kembali hadir dengan rilisan terbarunya berupa sebuah maxi-single yang diberi judul Ice Romancer. Secara keseluruhan, ini merupakan rilisan Sadie yang ke-empat kalinya sepanjang tahun 2008 ini. Bulan Maret 2008 kemarin dengan maxi-single Crimson Tear, diteruskan dengan melemparkan album the best bertajuk SADIE -UNDEAD13+2- di bulan Juni 2008 dan terakhir maxi-single Grieving the dead soul yang telah aku sebutkan di atas tadi. Sangat menarik untuk ditunggu pada bulan Pebruari 2009 mendatang, di mana Sadie akan merilis album terbarunya yang secara resmi sudah dikasih judul MASTER OF ROMANCE. Kembali ke maxi-single-nya, Ice Romancer ini sendiri dirilis dalam dua buah varian. Limited Edition dan Reguler Edition. Untuk Limited Edition bisa ditemukan tiga buah lagu baru plus PV dari lagu Ice Romancer. Sedangkan Reguler Edition juga tetap berisikan tiga buah lagu yang tadi itu plus satu buah bonus track

Sebelumnya, berikut sekilas profile dari Sadie. Band yang terbentuk sejak tahun 2005 kemarin ini termasuk band baru yang langsung mendapat banyak popularitas dan perhatian dari pendengar, khususnya penikmat sejati musik indie Visual-kei. Bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi juga sudah melintasi benua. Hal ini mungkin salah satu sebabnya dikarenakan warna musiknya yang banyak disukai fans musik rock indie Jepang. Yaitu warna musik hard-rock yang mengandalkan ke-aggressive-an dan sound-sound berat. Sadie sendiri terdiri atas lima orang personil. Mereka adalah Mao pada posisi vokal, Tsurugi sebagai gitaris, Mizuki juga sebagai gitaris, Aki yang memegang alat bass dan terakhir tentunya Kei yang menggawangi posisi drum. Khusus untuk Mao sang vokalis, nih cowok dulunya roadie dari band cadas yang beken banget, yakni Dir en grey. Makanya kita tidak perlu heran apabila karya-karya Sadie sepintas mirip banget kayak Dir en grey. Bahkan vokal dan gaya aksi Mao hampir mengikuti Kyo, dimulai dari growl, scream, dll. Yah, namanya juga terinspirasi....

Tanpa perlu membuang-buang waktu lagi langsung saja kita simak lagu pertama, the song title, tak lain dan tak bukan adalah Ice Romancer [04:43]. WOW, I REALLY LOVE THIS SONG! Sekali lagi pembuktian dari Sadie bahwa mereka sudah bisa menciptakan lagu yang kaya akan aransemen serta komposisinya. Jadi tidak lagi sekedar verse-chorus-verse-chorus-interlude-chorus lagi. Intro awalnya hampir persis dengan intro lagu Crimson Tear. Yang langsung diteruskan dengan vokal Mao yang memainkan alunan chorus pada lagu ini. Seperti biasa dan tipikal lagu-lagunya Sadie, tempo lagu cukup nge-beat dengan sentuhan beberapa melodi dan tentunya, aksi heavy riffs guitar yang cukup memberikan "fantasi" tersendiri bagi penggemar musik rock maupun hard-rock.Verses-nya kali cukup unik. Rada nge-groove dengan sentuhan aksi driving bass Aki yang mencoba mengikuti ketukan-ketukan drum miliknya Kei. Tsurugi dan Mizuki pun mengisinya dengan petikan-petikan electric melody guitar-nya. Cukup menghibur dan tentunya menarik. Chorus entah kenapa terasa standar saja. Tidak ada sesuatu yang lebih. Salah satu momen menarik bisa disimak saat memasuki durasi 03:25. Yeah, feel free to head-banging your fuckin' head! Oh iya, di lagu ini Mao beraksi dengan beberapa aksi vokalnya. Mulai dari normal-voice, high-tone, growl bahkan sampai dengan scream. Good job and good song!

marionette [03:52] menjadi lagu berikutnya. Kembali menampilkan sebuah lagu dengan permainan musik yang cukup aggressive. Verses awal mengingatkan aku akan lagunya Dir en grey yang berjudul C [album Withering to death, rilis tahun 2005]. Namun selebihnya aman alias tidak "kontak" secara keseluruhan. Entah dengan kalian, yang pasti aku tidak suka dengan vokal Mao saat mencapai bagian chorus. Menyentuh nada tertinggi sih, sayang terlalu sengau. Artikulasi-nya juga kurang jelas terdengar. Namun di balik itu semua, seperti biasanya, aksi growl Mao tetap terasa mantap! Hmm well, bukan sebuah lagu terbaik miliknya Sadie. Sudah terlalu sering mendengarkan yang seperti dalam semua karya-karya miliknya Sadie. Dan juga sebuah lagu yang kurang membekas di dalam benak.

Selesai dengan marionette dilanjutkan dengan lagu Recall [06:02]. Nah, ini dia yang bikin aku sedikit kaget. Lagu ini sangat berbeda jauh dengan tema-tema maupun pakem lagu Sadie sesungguhnya. Sebab lagu Recall sangat kental banget dengan nuansa Oshare-kei-nya. Sebagai contoh, sebut saja band seperti ayabie. Hehe. Lagunya cukup catchy dengan permainan melodi-melodi indah yang cukup ringan. Chorusnya juga, Oshare-kei oriented! Aku suka dengan tarikan vokal Mao di bagian chorus tersebut. Driving bass line Aki terdengar ngotot walaupun lagu ini sebenarnya sedikit lebih relax dan calm. Interesting song....!

Akhirnya sampai juga pada lagu terakhir yang ada dalam maxi-single ini. Judulnya yaitu Psychedelic Chemical Movie [04:22]. Memang tidak percuma dijadikan bonus track. Lagunya memang cukup asyik untuk disimak. Sepanjang durasi lagu ini seakan-akan mengajak pendengar untuk bermoshing-ria dengan alunan-alunan yang ada. Bisa dikatakan ini sebuah fans-service-song guna memenuhi dahaga fans setianya yang rindu dengan musik-musik se-aggressive ini. Beberapa buah interlude-pun dengan sengaja memainkan kocokan-kocokan gitar yang berat nan catchy dengan maksud, yah apalagi kalo bukan head-banging rules! Itu bisa disimak antara durasi 02:34 s/d 03:08. Sayang, seperti lagu marionette tadi, chorusnya kurang menggigit. Tapi keseluruhannya, bagiku lagu ini oke lah.

Otomatis, lagu yang bisa dijadikan highlight [in my opinion, of course!] dalam maxi-single Sadie kali ini datang dari lagu Ice Romancer dan Recall. Sisanya, anggap saja itu B-side filler track. Well, bagaimana-pun juga Ice Romancer tetap menjadi sebuah single yang cukup layak untuk disimak. Untuk itu, maxi-single ini pun aku kasih rating 4/5 bintang.

Sadie sudah merilis tiga buah maxi-single. Dan kemungkinan tiga buah song title, mulai dari Crimson Tear, Grieving the dead soul sampai dengan Ice Romancer sudah pasti dimasukkan ke dalam album terbarunya nanti. Namun jika tidak, itu malah lebih bagus kok. Haha. Yosh, jadi tidak sabar nih menunggu sampai albumnya rilis pada dua bulan mendatang.

Semoga berkenan....(anthonysinaga)

Tambahan:
Sadie's official site: http://www.sadie-web.com
DISCOGRAPHY: http://jame-world.com/us/database-artist-discography.php?id=713


Tidak ada komentar:

Posting Komentar